Text
Interferensi gramatikal Bahasa Korea ke dalam Bahasa Indonesia : analisis kesalahan bahasa dalam tulisan naratif siswa SMP JIKS
INTERFERENSI GRAMATIKAL BAHASA KOREA
KE DALAM BAHASA INDONESIA
(Analisis Kesalahan Bahasa dalam Tulisan Naratif Siswa SMP JIKS)
Lee Eun Jung
ABSTRAK
Fenomena interferensi merupakan hal yang sangat besar kemungkinannya muncul karena ia memiliki kemampuan berbahasa yang lebih banyak. Penguasaan bahasa pertama sering memengaruhi penguasaan bahasa kedua siswa JIKS sebagai pembelajar asing, yaitu bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat interferensi gramatikal bahasa Korea dalam bahasa Indonesia yang digunakan oleh siswa kelas 7, 8 dan 9 SMP JIKS Jakarta dalam tulisan naratif. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis dalam teks yang terdiri dari teks sumber berbahasa Indonesia dan teks sasaran berupa bahasa Korea. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian dengan deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta, sifat serta hubungan fenomena yang diteliti secara kualitatif. Penelitian ini mengambil data berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat dari teks hasil tulisan siswa SMP JIKS. Hasil temuan menyatakan bahwa dalam analisis interferensi morfologis khususnya unsur afiks, yang paling dominan atau banyak ditemukan kesalahan adalah pada unsur prefiks. Importasi, subtitusi, penerapan, perluasan dalam hasil penelitian ini menunjukkan interferensi berdasarkan jenis yang paling dominan atau banyak kesalahan terdapat pada jenis penerapan atau pengurangan.
Kata Kunci: Interferensi, morfologis, naratif.
Bibliografi : lembar 113-114
TM00001883 | TM 1883 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain