Text
Hubungan gaya belajar model david kolb dengan hasil belajar peta pada siswa kelas XII SMA Ksatrya Jakarta Pusat
ABSTRAK
INDRA SABAR. Hubungan Gaya Belajar Model David Kolb Dengan Hasil Belajar Peta Pada Siswa Kelas XII SMA Kstarya Jakarta Pusat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pembuktian empiris hubungan gaya belajar dengan hasil belajar peta pada siswa kelas XII SMA Ksatrya Jakarta Pusat. Hipotesisnya adalah: gaya belajar memiliki hubungan terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi target penelitian adalah seluruh siswa SMA Ksatrya Jakarta Pusat, sedangkan populasi terjangkaunya adalah 95 siswa yang berasal dari tiga Kelas XII SMA Ksatrya Jakarta. Semua populasi terjangkau (95 siswa) dijadikan sampel penelitian sehingga penelitian ini menggunakan sampel jenuh yang diambil dengan teknik sensus. Pengumpulan data variabel gaya belajar dilakukan dengan kuesioner model David Kolb, sedangkan variabel hasil belajar peta dilakukan dengan tes. Tes hasil belajar diuji validitas dengan rumus point biserial dan diuji reliabilitas dengan rumus KR-20. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statisik deskriptif dan statistik parametrik korelasi Product Moment Pearson.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar divergen memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar. Nilai koefisien korelasinya sebesar 0,264 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,036 ( 0,05.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Peta
Bibliografi : lembar 83-88
SS00010413 | SK 10413 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain