Text
Pengaruh gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap keterampilan renang gaya dada : eksperimen pada siswa SMK Manangga Pratama kota Tasikmalaya tahun Akademik 2016
PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN RENANG GAYA DADA
Eksperimen pada Siswa SMK Manangga Pratama Kota Tasikmalaya
(2016)
THE EFFECT OF STYLE TEACHING AND LEARNING MOTIVATION TO SKILL POOL STYLE CHEST
Experiment Students in SMK Manangga Pratama Tasikmalaya
(2016)
EDWIN PURYANA
ABSTRACT
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap keterampilan renang gaya dada pada siswa di SMK Manangga Pratama Tasikmalaya.
Penelitian ini dilaksanakan di Kolam Sukapura Tasikmalaya, pada murid kelas XI jurusan TKR (Teknik kendaraan ringan) di SMK Manangga Pratama Tasikmalaya sebanyak 75 orang murid. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2x2.
Teknik analisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dua arah, diikuti oleh tes Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05. Diperoleh: (1) hasil keterampilan renang gaya dada secara keseluruhan yang diajar dengan gaya mengajar komando lebih baik dari pada yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal (Fo = 5,2413 > Ft = 4.11); (2) ada interaksi antara gaya mengajar dengan motivasi belajar terhadap keterampilan renang gaya dada, (Fo = 22,0003 > Ft = 4.11); (3) bagi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, keterampilan renang gaya dada yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal lebih baik dari pada yang diajar dengan gaya mengajar komando (qo = 3,39562 > qt = 2.95); (4) bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah keterampilan renang gaya dada yang diajar dengan gaya mengajar komando lebih baik dari pada yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal (q0 = 9,87098 > qt = 2.95).
Kata kunci: gaya mengajar, motivasi belajar, hasil keterampilan renang gaya dada
Bibliografi : lembar 138-140
TM00001910 | TM 1910 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain