Text
Studi tentang penerapan pendekatan socio-critical dan problem-oriented dengan metode think talk write (TTW) untuk mengembangkan soft skills siswa pada materi larutan penyangga
Studi Tentang Penerapan Pendekatan Socio-Critical dan Problem-Oriented dengan Metode Think Talk Write (Ttw) Untuk Mengembangkan Soft Skills Siswa pada Materi Larutan Penyangga
Dita Indah Lestari1, Prof. Dr. Nurbaity, M.Si2, Yuli Rahmawati, M.Sc. Ph.D.3
1Mahasiswa Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta
2Dosen Pembimbing Penelitian, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta
Corresponding author : dita_indahlestari@yahoo.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented dengan metode Think Talk Write (TTW) terhadap soft skills siswa pada materi larutan penyangga. Pembelajaran menggunakan pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dikembangkan oleh Marks & Eilks dengan mengangkat masalah dan isu-isu sosial dalam kehidupan sehari-hari. Isu yang digunakan adalah mengenai soda kue, minuman bersoda, aspirin serta buah kaleng dan buah segar. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 77 Jakarta pada Februari 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara, reflektif jurnal siswa dan instrumen VLES (Values Learning Environment Survey)-Modified. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Quality standard yang digunakan adalah trustworthiness (kepercayaan) dengan kriteria credibility (kredibilitas) melalui prolonged engagement, persistent observation, progressive subjectivty dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Socio-critical dan Problem-oriented dengan metode Think Talk Write dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa dalam belajar kimia, membantu siswa berpikir kritis terhadap permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, siswa mampu mengemukakan pendapat, mampu bekerja sama, bertanggung jawab, percaya diri, saling menghargai pendapat teman serta mampu merefleksikan isu-isu sosial yang diberikan. Kemampuan ini merupakan soft skills yang harus dimiliki siswa.
Kata kunci: Socio-critical dan Problem-oriented, Think Talk Write, Soft skills, Pembelajaran kimia, Larutan Penyangga.
Bibliografi : lembar 127-131
SS00010139 | SK 10139 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain