Text
Hubungan antara kualitas layanan dan kepercayaan dengan loyalitas pelanggan kartu seluler xl prabayar pada mahasiswa pendidikan tata niaga di Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
RIZA PRATIWI. Hubungan antara Kualitas Layanan dan Kepercayaan
Pelanggan dengan Loyalitas Pelanggan Kartu Seluler XL Prabayar pada
Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta. Skripsi.
Jakarta: Program studi Pendidikan Tata Niaga. Fakultas Ekonomi. Universitas
Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk
memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat
dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara kualitas layanan dengan
loyalitas pelanggan, kepercayaan pelanggan dengan loyalitas pelanggan kartu
seluler XL Prabayar pada mahasiswa Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri
Jakarta. penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan
korelasional. Jenis penelitian yaitu menggunakan penelitian deskriptif. Tempat
penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga di Universitas
Negeri Jakarta yang menggunakan kartu seluler XL Prabayar. Sedangkan sampel
dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Pendidikan Tata Niaga di Universitas
Negeri Jakarta yang menggunakan kartu seluler XL Prbayar sebanyak 59 orang.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.
Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Sedangkan teknik analisis
penelitian ini menggunakan program SPSS versi 22. Hipotesis penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif antara kualitas layanan
dengan loyalitas pelanggan, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai r = 0.512 dan
nilai thitung (4.503) > ttabel (2.00324). (2) Terdapat hubungan yang positif antara
kepercayaan pelanggan dengan loyalitas pelanggan, hipotesis ini dibuktikan
dengan nilai r = 0.464 dan nilai thitung (3,954) > ttabel (2.00324). Persamaan regresi
tunggal yang diperoleh adalah Ŷ = 45.085 + 0.342 (X1) dan Ŷ = 53,292+ 0.362
(X2). Hubungan antara kualitas layanan dengan loyalitas pelanggan diperoleh dari
hasil determinasi (R2) sebesar 0.262. Jadi kemampuan dari variabel kualitas
layanan untuk menjelaskan loyalitas pelanggan secara parsial sebesar 26,2%.
Hubungan antara kepercayaan pelanggan dengan loyalitas pelanggan diperoleh
dari hasil determinasi (R2) sebesar 0.215. Jadi kemampuan dari variabel
kepercayaan pelanggan untuk menjelaskan loyalitas pelanggan secara parsial
sebesar 21,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar kepercayaan pelanggan.
Kata kunci: Kualitas Layanan, Kepercayaan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Kartu Seluler XL Prabayar
Bibliografi : lembar 131-132
SS00010148 | SK 10148 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain