Text
Etika interaksi guru dan murid menurut presfektif imam Al Ghazali : analisis kontekstual
ABSTRAK
TRI INDRIYANTI, ETIKA INTERAKSI GURU DAN MURID MENURUT
PRESPEKTIF IMAM AL GHAZALI, Skripsi Jakarta : Program Studi Ilmu
Agama Islam, Universitas Negeri Jakarta, 2016
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis etika
interaksi guru dan murid menurut prespektif Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya’
Ulumuddin untuk mengembangkan konsep etika interaksi di bidang pendidikan
dan sebagai upaya membentuk generasi penerus bangsa yang mempunyai etika
sesuai dengan tujuan pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis
penelitian yang digunakan adalah kepustakaan atau library research. Adapun
Teknik pengumpulan data adalah mencari data mengenai hal-hal atau variable
berupa catatan, jurnal, buku, dan lain sebagainya. Data dikumpulkan dalam
wujud catatan/data tertulis.Sedangkan analisa data yang dipakai adalah analisis isi
(content analysis).
Dalam penelitian ini memberikan kesimpulan dari hasil penelitian , setelah
ditelusuri dari kitab Ihya Ulumuddin didapatkan bahwa etika interaksi guru
dengan murid menurut Imam Al Ghazali: seorang guru harus memiliki kasih
sayang kepada murid, meniru dan meneladani sifat Rasulullah SAW dalam
melaksanakan tugas mengajarnya, dan berniat untuk mencari ridha Allah Swt.
Sedangkan etika interaksi murid dengan guru menurut Imam Al Ghazali: seorang
murid harus mensucikan jiwanya dari akhlaq dan sifat tercela sebelum menuntut
ilmu, agar ilmu yang akan ia pelajari dapat bermanfaat dan tertanam dalam
jiwanya; serta dalam menuntut ilmu hanya mengharap ridha Allah SWT.
Kata Kunci : Etika, Interaksi, Guru, Murid, Al Ghazali
Bibliografi : lembar 82-83
SS00010506 | SK 10506 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain