Text
Kemampuan guru PAI dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian autentik : studi kasus guru PAI di SMA Negeri 53 Jakarta
ABSTRAK
Ulpah Sya’idah, Kemampuan Guru PAI dalam Merencanakan dan
Melaksanakan Penilaian Autentik (Studi Kasus Guru PAI di SMA Negeri 53
Jakarta) Skripsi. Jakarta: Program Studi Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu
Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Dalam melakukan penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013, seorang
guru diharuskan untuk menerapkan penilaian autentik yang sesuai dengan Standar
Penilaian. Guru pun dituntut untuk memiliki kemampuan dalam membuat
kesesuaian antara teknik penilaian dan instrumen penilaian yang merupakan syarat
instrumen yang telah diatur dalam Permendikbud No 66 Tahun 2013. Namun,
pada kenyataannya guru-guru sulit membuat instrumen penilaian yang
disesuaikan dengan bentuk penilaian.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang kemampuan
guru PAI dalam melakukan evaluasi pembelajaran melalui penilaian non tes
(penilaian autentik).
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian yang bersifat
kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data
melalui wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa guru PAI di SMA Negeri 53
Jakarta sudah paham dalam melakukan perencanaan penilaian autentik melalui
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Adapun dalam melaksanakan penilaian
autentik sebenarnya guru PAI di SMA Negeri 53 Jakarta telah mampu, hanya
karena kurangnya motivasi diri atau etos kerja dalam diri guru untuk melakukan
kompetensi pedagogik, serta sikap profesional khusunya dalam melakukan
penilaian atau evaluasi.
Kata kunci : Penilaian Autentik, Kemampuan Guru.
Bibliografi : lembar 72-74
SS00010510 | SK 10510 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain