Text
Penggunaan alat bantu writing claw grip untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada anak autis : penelitian dengan metode single subject research atau penelitian dengan subjek tunggal
PENGGUNAAN ALAT BANTU WRITING CLAW GRIP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTIS (Penelitian Subjek Tunggal) 2016 Zakiyyah Ulfah Syahidah ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat bantu Writing Claw Grip mampu meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada anak autis yang berusia 8 tahun dan bertempat tinggal di Perumahan Banjar Wijaya Cluster Nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B-A dan di analisis dengan menggunakan analisis visual dalam kondisi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan pencatatan skor perolehan pada tiap tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu Writing Claw Grip mampu meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada anak autis. Hasil penelitian ini didukung dengan adanya peningkatan skor perolehan dari sebelum dilakukannya intervensi dengan menggunakan alat bantu Writing Claw Grip. Oleh karena itu, orang tua perlu mengembangkan keterampilan menulis ke tahap yang lebih tinggi dan bisa dengan menggunakan alat bantu Writing Claw Grip ini. Kata Kunci: Alat bantu, Writing Claw Grip, keterampilan menulis permulaan, autis.
Bibliografi : lembar 90-91
SS00010530 | SK 10530 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain