Text
Pengembangan tes kemampuan berhitung : suatu studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri se Kota Madya Jakarta Selatan
PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERHITUNG
YASRI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes baku pengukuran kemampuan berhitung dan dilaksanakan terhadap siswa kelas 1 MTs Negeri Se Kotamadya Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan tes dan didukung oleh data survai. Variabel penelitian ini adalah kemampuan berhitung. Instrumen yang dikembangkan adalah pilihan ganda, dan divalidasi menggunakan analisis Pearson Product Moment. Reliabilitas instrumen diukur menggunakan KR-20. Pengembangan instrumen dilakukan dengan langkah-langkah: merumuskan konstruk, pengembangan indikator, kisi-kisi instrumen, skala penilaian dikotomi, penulisan butir instrumen, telaah dan analisis hasil kesepakatan pakar, revisi butir, uji coba, analisis validitas dan reliabilitas, revisi instrumen, dan perakitan instrumen yang valid. Indikator kemampuan berhitung adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, campuran penjumlahan dan pengurangan, campuran perkalian dan pembagian, campuran penjumlahan, pengurangan, dan aplikasi logis campuran. Validitas butir instrumen kemampuan berhitung hasil telaah pakar memperoleh 70 butir valid dari 80 butir dan reliabilitas instrumen sebesar 0,965 artinya secara content mempunyai validitas yang baik dan reliabilitas yang sangat tinggi. Hasil uji coba tahap 1 dan tahap 2 memperoleh 50 butir valid dari 70 butir yang diteliti dan reliabilitas butir sebesar 0,819. Hasil yang paling signifikan dari penelitian ini adalah diperolehnya instrumen kemampuan berhitung siswa yang telah dikembangkan dan memiliki validitas konten dan reliabilitas yang tinggi.
Kata kunci: tes kemampuan berhitung
Bibliografi : lembar 139-141
TM00004574 | TM 4574 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain