Text
Perbedaan reaksi kecemasan secara psikologis ditinjau dari tipe regulasi emosi pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta saat menyusun skripsi
ABSTRAK
Nurida Agustin. Perbedaan Reaksi Kecemasan secara Psikologis ditinjau
dari Tipe Regulasi Emosi pada Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta saat
Menyusun Skripsi, skripsi, Jakarta: Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Saat proses penyusunan skripsi mahasiswa banyak mengalami berbagai
macam kendala yang pada akhirnya dapat menimbulkan kecemasan, yang
mengakibatkan mahasiswa menunda penyusunan skripsi atau bahkan ada
yang memutuskan untuk tidak menyelesaikan skripsinya (Hariwijaya, 2008).
Tipe regulasi emosi yang digunakan seseorang mahasiswa saat menyusun
skripsi akan memiliki reaksi yang berbeda terhadap reaksi kecemasan secara
psikologis yang akan dialami. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan instrumen Emotion Regulation Questionnaire yang dirancang
oleh Gross dan John (2003), dan instrumen reaksi kecemasan secara
psikologis dirancang dengan mengembangkan teori reaksi kecemasan
secara psikologis dari Bucklew (1960), yang disesuaikan dengan sasaran
penelitian. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif, dengan
teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental.
Dalam penelitian ini pengujian hipotesis dilakukan menggunakan
independent sample t-tes. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah
dilakukan, maka dapat diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,115 yang
lebih besar dari taraf signifikansi (α) 0,05 atau p > α dan nilai t.hitung
sebesar 1,607 lebih kecil dari t.tabel sebesar 2,010. Hal ini berarti bahwa Ho
diterima dan Ha ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat
perbedaan yang signifikan reaksi kecemasan secara psikologis ditinjau dari
tipe regulasi emosi pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta saat
menyusun skripsi.
Kata Kunci : Regulasi emosi, reappraisal, suppression, reaksi kecemasan
secara psikologis.
Bibliografi : lembar 66-63
SS00010634 | SK 10634 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain