Text
Evaluasi program pelatihan keterampilan komputer microsoft word tingkat dasar bagi remaja di rumah belajar karang taruna kelurahan cakung timur
Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Microsoft Word Tingkat Dasar Bagi Remaja Di Rumah Belajar Karang Taruna Cakung Timur
Nabilatul Aulia
1515125871
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program Pelatihan Keterampilan Microsoft Word Tingkat Dasar Bagi Remaja di Rumah Belajar Karang Taruna Kelurahan Cakung Timur ditinjau dari model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product).
Penelitian menggunakan metode survai. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu peserta pelatihan berjumlah 15 orang. Pengumpulan data menggunakan angket/questioner tertutup yang ditujukan kepada peserta pelatihan. Teknis analisi data yang digunakan adalah teknis analisis data kuantitatif.
Hasil uji validitas dan reliabilitas yaitu sebanyak 40 pernyataan dikatakan valid dan reliabilitas tinggi. Nilai efektivitas Program Pelatihan Keterampilan Microsoft Word Tingkat Dasar ditinjau dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang diperoleh adalah pada Dimensi Context (konteks) yang terdiri dari identifikasi kebutuhan dan kondisi lingkungan sebesar 70% (Cukup Efektif) karena berada pada rentang 65%-82%, Dimensi Input (masukan) yang terdiri dari tutor pelatihan, peserta pelatihan, sarana dan prasarana, sumber belajar, dan sumber dana sebesar 72,2% (Cukup Efektif) karena berada pada rentang 65%-82%, Dimensi Process (proses) yang terdiri dari aktivitas peserta, aktivitas tutor, dan evaluasi sebesar 69% (Cukup Efektif) karena berada pada rentang 65%-82%, dan Dimensi Product (hasil) yang terdiri dari kompetensi peserta dan sikap peserta sebesar 67% (Cukup Efektif) karena berada pada rentang 65%-82%.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pelatihan keterampilan komputer Microsoft word tingkat dasar bagi remaja di Rumah Belajar Karang Taruna Kelurahan Cakung Timur ditinjau dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) telah berjalan dengan Cukup Efektif.
Kata kunci: Pelatihan, Efektivitas, CIPP (Context, Input, Process, Product)
Bibliografi : lembar 90=91
SS00010640 | SK 10640 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain