Text
The cognitive level on the english learning tasks : a case in grade XI in SMA Labschool
ABSTRAK
Diyah Patimah. 2016. Tingkat Kognitif dalam Tugas Pembelajaran pada Pelajaran Bahasa Inggris (Sebuah Keis pada Kelas 11 di SMA Labschool). Skripsi. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan tingkat kognitif pada tugas-tugas yang diberikan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Studi kualitatif deskriptif digunakan sebagai desain penelitian ini. Sumber data diperoleh dari ujaran perintah guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan berkas sekolah yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta bahan ajar dianalisis sebagai data pendukung. Ujaran perintah guru tersebut direkam dan ditranskripsi, kemudian dianalisis berdasarkan kategori tingkat berpikir di taksonomi Bloom versi revisi. Dari 5 pertemuan dengan jumlah 15 tugas, hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat berpikir siswa yang terkembang oleh tugas adalah kateogi mengingat (20%), memahami (40%), menerapkan (7%), menganalisis (20%), mengevaluasi (7%), and mengkreasikan (6%). Hal ini mengimplikasikan bahwa tingkat berpikir yang paling dominan terdapat pada kategori memahami yang merupakan golongan tingkat berpikir rendah.
Kata kunci: tugas pembelajaran, tingkat berpikir, Taksonomi Bloom
Bibliografi : lembar 33-34
SS00010709 | SK 10709 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain