Text
Meningkatkan apresiasi seni tari dalam mata pelajaran seni budaya melalui model pembelajaran kooperatif tife numbered head together pada siswa kelas VII A SMP Yayasan pendidikan umat Islam Jakarta
ABSTRAK
Dewi Sri Kusumaningrum, 2016. Penelitian ini difokuskan pada Meningkatkan
Apresiasi Seni Tari Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa
Kelas VII A SMP Yayasan Pendidikan Umat Islam Jakarta. Program Studi
Pendidikan Sendratasik. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi tari dalam mata
pelajaran seni budaya di SMP Yayasan Pendidikan Umat Islam (YPUI) melalui
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VII A berjumlah 29 orang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head
Together (NHT). Waktu penelitian ini selama 4 bulan, terhitung dari bulan
Januari hingga Mei 2016. Desain penelitian tindakan kelas menggunakan model
dari Kurt Lewin dengan prosedur yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan
tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pelaksanaan tindakan sebanyak 2 siklus,
Siklus I dan Siklus II. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together (NHT) dilakukan dengan membagi menjadi 5
kelompok dan setiap individu diberikan nomor, kemudian memberikan materi
tentang pengetahuan tari dan memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk
mencari video karya tari Betawi yang sudah dibagikan perkelompok, selanjutnya
guru memanggil nomor untuk diberikan pertanyaan yang terkait tentang
pengetahuan, analisis, dan penilaian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada
perolehan nilai siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa
dari pratindakan 48.27, kemudian Siklus I 70.83, dan pada Siklus II 81.11.
Dengan demikian peningkatan rata-rata dari pratindakan ke siklus I yaitu 48 %,
sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11%.
Kata Kunci: Apresiasi Tari, Pembelajaran Seni Tari, Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT).
Bibliografi : lembar 80-81
SS00010745 | SK 10745 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain