Text
Pengembangan model LKS dengan pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga
ABSTRAK
Ahmad Solihun. Pengembangan Mode LKS dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Larutan
Penyangga. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum
tersedianya model LKS dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran kimia materi larutan
penyangga. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa model LKS dengan pendekatan
saintifik pada materi larutan penyangga untuk memberikan proses pembelajaran kimia yang
mengarah pada pendekatan saintifik sehingga siswa bisa dinilai keterampilan proses sainsnya tidak
hanya hasil akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap. Metode penelitian yang
digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan yang terdiri atas empat tahap, yaitu analisis
kebutuhan, pengembangan produk, uji kelayakan oleh para ahli, dan uji coba kepada siswa. Tahap
analisis kebutuhan bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dalam pembuatan model LKS dengan
pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga. Pada tahap pengembangan dilakukan
perencanaan dan penyusunan model LKS dengan pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga
untuk siswa SMA kelas XI. Tahap uji kelayakan oleh para ahli memberikan hasil model LKS dengan
pendekatan saintifik yang dikembangkan pada materi larutan penyangga memiliki interpretasi baik.
Pada tahap uji coba kepada siswa memberikan hasil bahwa model LKS dengan pendekatak saintifik
memiliki interpretasi baik. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, maka dapat disimpulkan model LKS
dengan pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga sudah baik dan layak digunakan.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Keterampilan Proses Sains
Bibliografi : lembar 44-45
SS00010806 | SK 10806 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain