Text
Peningkatan keterampilan proses sains pada proses metode eksperimen : penelitian tindakan pada kelompok B1 TK Fathimah Bukareh kabupaten Agam, Sumatera Barat tahun 2016
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan proses dan hasil
pembelajaran melalui penerapan
metode eksperimen yang
meningkatkan keterampilan proses
sains anak kelompok B1 TK Fathimah
Bukareh Tahun 2015/2016. Subyek
penelitian ini berjumlah 16 anak.
Metode penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan yang mengacu
pada model Penelitian Tindakan Kelas
Kemmis dan Mc. Taggart yang
meliputi empat tahap yaitu:
perencanaan, tindakan, pengamatan
dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2
siklus, masing-masing siklus terdiri
dari 8 kali pertemuan.
Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Analisis data kualitatif dengan cara
menganalisis data dari hasil
wawancara selama penelitian dengan
langkah-langkah reduksi data, display
data dan verifikasi data. Analisis data
kuantitatif dengan statistik deskriptif
yaitu dijelaskan dalam bentuk tabel
dan grafik.
Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan
keterampilan proses sains anak
melalui penerapan metode
eksperimen, dapat dibuktikan rata-rata
skor keterampilan proses sains praintervensi
sebesar 45,31%, kemudian
mengalami peningkatan pada siklus I
sebesar 65,44% dan siklus II sebesar
89,05%.
Bibliografi : lembar 269-271
TM00001998 | TM 1998 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain