Text
Pengaruh kepribadian (personality)dan pengambilan keputusan (decision making) terhadap komitmen organisasi (organizational commitment) : studi kausal terhadap guru SMA Katolik di Keuskupan Agung Jakarta
ABSTRAC
Rendahnya hasil Uji Kompetensi Awal guru menjadi perbincangan yang hangat terutama bagi praktisi pendidikan. Padahal untuk kesejahteraan guru, pemerintah telah menambahkan anggaran pendidikan nasional sebesar 13,9 trilliun dalam APBN Perubahan 2012 dengan harapan dapat meningkatkan mutu pendidikan melalui kompetensi guru sebagai pendidik.. Penelitian ini menempatkan kepribadian (personality) dan pengambilan keputusan (decision making) sebagai variabel yang mempengaruhi komitmen organisasi. Gibson, Ivancevich, Donnelly dan Konopaspe, menegaskan bahwa: Decision makers are influenced by many psycological forces, both conscious and subconscious. One of the most important of these forces is personality. Decision makers’ personalities are strongly reflected in their choices. Para pembuat keputusan dipengaruhi oleh kekuatan psikis, baik sadar dan bawah sadar. Salah satu yang paling penting dari kekuatankekuatan ini adalah kepribadian. Kekuatan kepribadian pengambil keputusan tercermin dalam pilihan mereka. Mc Shane dan Von Glinow berpendapat bahwapartisipasi cenderung meningkatkan komitmen karyawan terhadap keputusan. Karyawan tidak mungkin menerima keputusan yang dibuat tanpa keterlibatan mereka, beberapa tingkat partisipasi biasanya diperlukan. Keterlibatan karyawan merupakan komponen penting dari proses pengambilan keputusan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik kausal. Teknik ini menggunakan analisis jalur. Penelitian ini terdapat 2 (dua) variabel bebas yaitu kepribadian dan pengambilan keputusan dan 1 (satu) variabel terikat yaitu komitmen rganisasi. Hasil analisis uji coba instrumen komitmen organisasi dari 30 butir yang diujicobakan, terdapat 3 butir yang tidak valid dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,975. Hasil analisis ujicoba instrumen kepribadian dari 34 butir yang diujicobakan, terdapat 4 butir yang tidak valid
Bibliografi : lembar 91-92
TM00004858 | TM 4858 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain