Text
Pengaruh pendekatan M-Apos terhadap kemampuan penalaran matematis dan self efficacy siswa SMP Negeri di kota Tangerang
PENGARUH PENDEKATAN M-APOS TERHADAP KEMAMPUAN
PENALARAN MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA
SMP NEGERI DI KOTA TANGERANG
WIDYAH NOVIANA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan M-APOS
terhadap kemampuan penalaran matematis dan self efficacy siswa dalam belajar
matematika. Penelitian dilakukan di dua sekolah yaitu di SMPN 13 Tangerang
dan SMPN 4 Tangerang. Pengambilan data terhadap kemampuan penalaran
matematis diperoleh melalui tes dan terhadap self efficacy diperoleh melalui
kuisioner. Pada hipotesis pertama sampai keempat, data dianalisis
menggunakan anava dua jalur dengan desain factorial dan pada hipotesis
kelima, data dianalisis menggunakan uji-t. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi
dilanjutkan dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa, 1) kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi perlakuan
pendekatan M-APOS lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi perlakuan
pembelajaran ekspositori, 2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran
dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan penalaran matematis,
3) kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi perlakuan pendekatan
M-APOS lebih tinggi daripada siswa yang diberi perlakuan pembelajaran
ekspositori pada kelompok kemampuan awal matematika tinggi, 4) tidak terdapat
perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi perlakuan
pendekatan M-APOS dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran
ekspositori pada kelompok kemampuan awal matematika rendah, (5) self efficacy
siswa yang diberi perlakuan pendekatan M-APOS lebih tinggi daripada siswa
yang diberi perlakuan pembelajaran ekspositori.
Kata kunci : pendekatan M-APOS, kemampuan penalaran matematis, self
efficacy dalam belajar matematika.
Bibliografi : lembar 141-144
TM00002040 | TM 2040 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain