Text
Sikap siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di SMPN penyelenggara pendidikan inklusif di Jakarta Timur : penelitian survey di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif wilayah Jakarta Timur
SIKAP SISWA REGULER TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPN PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI JAKARTA TIMUR
(Penelitian Survey di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Wilayah Jakarta Timur)
(2016)
Arsi Nursetiani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa regular terhadap siswa berkebutuhan khusus di SMPN penyelenggara pendidikan Inklusif di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 SMPN penyelenggara pendidikan inklusif di Jakarta Timur.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah multistage. Sampel dalam penelitian ini adalah 180 siswa regular dari 7 SMPN penyelenggara pendidikan inklusif di Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data pada dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 129 (71,7%) responden memiliki sikap baik, 7 (3,9%) responden memiliki sikap sangat baik, 44 (24,4%) responden memiliki sikap cukup baik, dan tidak ada responden dengan sikap tidak baik maupun sangat tidak baik. Implikasinya jika kondisi sikap yang baik ini terus merata dan menyeluruh maka dapat juga membuat pendidikan inklusi di SMPN penyelenggara pendidikan Inklusi di Jakarta Timur berjalan dengan baik dan berhasil.
Kata Kunci: Sikap, Siswa Reguler, Siswa Berkebutuhan Khusus, SMPN Penyelenggara Pendidikan Inklusif.
Bibliografi : lembar 106-107
SS00011113 | SK 11113 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain