Text
Hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orangtua dengan motivasi belajar IPA di kelas IV sekolah dasar di Kelurahan Jatibening Pondok Gede Kota Bekasi
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN JATIBENING KOTA BEKASI
(2016) Insyirooh Khoirunnisaa
ABSTRAK
Penelitian ini berutjuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang perhatian orangtua dengan motivasi belajar IPA di kelas IV sekolah dasar di Kelurahan Jatibening Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa, yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan angket dan dianalisis dengan menggunakan uji t dan model korelasi Product moment. Hasil pengujian ini menunjukan bahwa persepsi siswa tentang perhatian orangtua berhubungan positif dengan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD dengan thitung=11.43>2.001=ttabel. Hasil ini menunjukan bahwa persepsi siswa tentang perhatian orangtua dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD. Oleh sebab itu orangtua harus menjalankan peran pentingnya dalam mengontrol kegiatan belajar anak, begitu pula dengan guru yang harus selalu berupaya meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Persepsi siswa tentang perhatian orangtua, motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD
Bibliografi : lembar 84-85
SS00011053 | SK 11053 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain