Text
Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan kedisiplinan siswa : studi fenomenologis siswa SMP Negeri 2 Tarumajaya Kabupaten Bekasi
ABSTRAK
Gerhana Zaen, Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang siswa memilih ekstrakurikuler pramuka, Pramuka membentuk kedisiplinan siswa, Faktor penunjang dan penghambat kegiatan pramuka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan cek dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya menggunakan teknik perpanjang pengamatan, triangulasi, kecukupan refensial. Analisis data dilakukan mengikuti model Sugiono yang terdiri dari reduksi data, display data (penyajian data), dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian mengenai kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan kedisiplinan siswa di SMPN 2 Tarumajaya Bekasi dapat diketahui bahwa pramuka membentuk kedisiplinan siswa dapat diketahui dari kegiatan-kegiatan pramuka di SMPN 2 Tarumajaya Bekasi adalah latihan PBB, PUPK, kemping, belajar sandi-sandi, tali temali, membuat tandu dan semaphore dari semua kegiatan tersebut kegiatan yang paling membentuk kedisiplinan pada siswa adalah kegiatan latihan PBB dan dari hasil kegiatan pramuka tersebut siswa dapat berperilaku disiplin pada saat disekolah seperti mererapkan wujud kedisiplinan mereka dengan mematuhi peraturan tata tertib di sekolah. Faktor penunjang kegiatan pramuka berupa support diri sendiri, anggota pramuka lainnya dan Pembina pramuka. sedangkan faktor penghambat yaitu berupa dana yang masih minim dari pihak sekolah untuk acara-acara kegiatan pramuka.
Kata kunci : Kegiatan pramuka, kedisiplinan, anggota pramuka (siswa) SMPN 2 Tarumajaya Bekasi.
Bibliografi : lembar 122-123
SS00010295 | SK 10295 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain