Text
Wirausaha di kalangan mahasiswa sejarah : studi kualitatif tentang fenomena kegiatan wirausaha yang dilakukan mahasiswa sejarah
ABSTRAK
Ridho Anugrah, Wirausaha Di Kalangan Mahasiswa Sejarah. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Wirausaha Di Kalangan Mahasiswa Sejarah. Penelitian berlokasi di gedung K Fakultas Ilmu Sosial, UNJ. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2015 hingga maret 2016.
Metode yang digunakan yakni metode Kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci disini adalah seorang mahasiswa angkatan 2011 selaku wirausahawan makanan. Sedangkan informan inti disini adalah para mahasiswa sejarah yang melakukan kegiatan wirausaha serta yang tidak melakukan kegiatan wirausaha, yang ditunjuk oleh informan kunci dan secara purposive sampling yaitu sesuai dengan kebutuhan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yakni melalui observasi yaitu mengamati kegiatan para mahasiswa sejarah baik yang berwirausaha maupun yang tidak, wawancara dengan informan kunci dan informan inti, dan dokumentasi yakni berupa transkrip wawancara dengan para informan baik kunci dan inti serta foto kegiatan wirausaha yang dilakukan oleh mahasiswa sejarah.
Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa wirausaha dikalangan mahasiswa sejarah digolongkan menjadi empat yakni wirausaha makanan, pulsa, barang kebutuhan kuliah seperti buku dan lain lain dan barang diluar kebutuhan kuliah seperti kostum sepakbola, sepeda. Kegiatan wirausaha dikalangan mahasiswa sejarah muncul karena adanya tiga faktor yakni keadaan ekonomi mahasiswa, lingkungan keluarga mahasiswa dan mata kuliah kewirausahaan. Kegiatan wirausaha yang dilakukan oleh mahasiswa sejarah membantu menambah uang keperluan kuliah sekaligus membantu keuangan keluarga mereka meskipun kegiatan perkuliahan mereka sedikit terganggu. Selain itu lingkungan keluarga juga berperan dalam membentuk pola pikir mahasiswa yang ingin menjadi wirausahawan selepas kelulusan mereka tanpa harus melamar pekerjaan. Faktor matakuliah juga turut andil dalam menambah jumlah para mahasiswa yang melakukan kegiatan wirausaha, hal ini juga melahirkan pandangan bahwa prodi kependidikan atau keguruan tidak menutup kemungkinan lahirnya kreativitas dan inovasi dari para mahasiswanya, dan salah satunya lahir dari kegiatan wirausaha.
Bibliografi : lembar 81-82
SS00010296 | SK 10296 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain