Text
Pengembangan bahan ajar bahasa Inggris berbasis pendekatan contextual teaching and learning : penelitian dan pengembangan di kelas IV Sekolah Dasar
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
(Penelitian dan Pengembangan Di Kelas IV Sekolah Dasar) (2016) Marinta Yogana
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar bahasa Inggris berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning. Fokus pengembangan bahan ajar ini yaitu pada materi waktu. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Peneliti menggunakan sembilan langkah dari sepuluh langkah pengembangan Borg dan Gall. Adapun teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi dan angket. Data yang diperoleh dari ahli media sebesar 97 yang berarti Sangat Baik, ahli bidang studi sebesar 88 yang berarti Sangat Baik, pendidik 1 dan 2 sebesar 95 yang berarti juga Sangat Baik. Adapun data yang diperoleh dari peserta didik pada evaluasi satu-satu yaitu Sangat Baik, pada evaluasi kelompok kecil yaitu Sangat Baik, dan pada uji coba lapangan yaitu Sangat Baik. Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik dari semula 58,50 menjadi 89,17. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris di kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Bahasa Inggris, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Materi Waktu
Bibliografi : lembar 82-84
SS00011427 | SK 11427 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain