Text
Pengembangan bahan ajar IPS berbasis konstruktivistik untuk siswa kelas V SD
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS KONSTRUKTIVISTIK
UNTUK SISWA KELAS V SD
(2016)
MEGAYANI LESTARI
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa
bahan ajar IPS untuk siswa kelas 5 sekolah dasar, dengan judul “Perjuangan
Melawan Penjajah” tema perjuangan para tokoh dalam melawan penjajah
pada masa pendudukan Belanda dan Jepang. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian dan pengembangan dengan mengikuti model
pengembangan Atwi Suparman. Jumlah siswa yang terlibat dalam penelitian
sebanyak 43 siswa kelas 5 SDN Jati 03 Pagi Jakarta Timur. Penilaian produk
dilakukan oleh expert review, kemudian di uji coba pada saat melakukan
evaluasi formatif one to one, small group, dan field test. Hasil dari uji coba
one to one mendapatkan rata-rata keseluruhan 95,83%. Hasil uji coba small
group mendapat rata-rata keseluruhan 92,3%, dan hasl uji coba field test
mendapat rata-rata keseluruhan 97,71%. Ini menunjukkan bahwa produk
bahan ajar IPS berbasis konstruktivistik untuk siswa kelas V sekolah dasar
memperoleh kriteria sangat baik.
Kata kunci: Bahan ajar, Kontruktivistik, Ilmu Pengetahuan Sosial
Bibliografi : lembar 172-175
SS00011518 | SK 11518 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain