Text
Meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun melalui permainan terowongan kata : penelitian tindakan kelas di TK Islam Durrotul Hikmah Tangerang
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN
MELALUI PERMAINAN TEROWONGAN KATA
(Penelitian Tindakan Kelas Di TK Islam Durrotul Hikmah, Tangerang)
(2016)
Lovani Raisa Tomi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak
melalui permainan terowongan kata. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam
Durrotul Hikmah, Tangerang. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas
B2 yang berjumlah 22 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus
Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian dengan permainan
terowongan kata menunjukkan pemerolehan data pada pra siklus adalah
47% dan siklus I adalah 74%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan
terowongan kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok
B2 TK Islam Durrotul Hikmah, Tangerang. Hasil data analisis kualitatif
membuktikan bahwa permainan terowongan kata dapat meningkatkan
kemampuan membaca. Proses mengenal bacaan anak dalam melafalkan
huruf, mengenal suku kata, menyebutkan kata, memberi makna, dan
menggabungkan bahasa lisan dengan gambar. Peningkatan tersebut
dikatakan signifikan. Permainan terowongan kata dapat membuat anak,
mengajak anak untuk mengenal huruf dan kata melalui permainan yang
menyenangkan bagi anak.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Permainan, Terowongan Kata
Bibliografi : lembar 128-130
SS00011520 | SK 11520 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain