Text
Teacher's classroom management strategies in managing disruptive behavior in english classroom : a case study at SMPN 134 Jakarta
ABSTRAK
SYARIFAH SYIFA. 2016. Strategi Manajemen Kelas Guru Dalam
Mengatasi Kelakuan Yang Mengganggu Di Dalam Kelas Bahasa Inggris
(Studi Kasus di SMPN 134 Jakarta). Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra
Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam kelakuan mengganggu
yang ditemui di dalam kelas bahasa Inggris dan strategi-strategi yang digunakan
guru dalam mengatasi kelakuan mengganggu siswa di dalam kelas bahasa Inggris.
Peneliti menggunakan studi kasus sebagai desain penelitian dan data di dapatkan
melalui observasi di dalam kelas dan wawancara guru. Data-data dalam penelitian
ini adalah kelakuan siswa dan strategi-strategi guru, sumber data dalam penelitian
ini adalah seorang guru yang mengajar di kelas 8, dan 70 siswa kelas 8 di SMPN
134 Jakarta. Penelitian ini diadakan di SMPN 134 Jakarta, dan data dari penelitian
ini dikumpulkan pada bulan Maret sampai Mei 2016. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa macam-macam kelakuan mengganggu siswa yang lebih
sering ditemukan di dalam kelas bahasa Inggris adalah berbicara. Hasil dari
penelitian juga menunjukkan bahwa strategi-strategi yang lebih sering digunakan
oleh guru dalam mengatur kelakuan mengganggu di dalam kelas bahasa Inggris
adalah mengabaikan siswa. Guru pelu menghabiskan waktu yang berharga dan
tenaga untuk mengatur kelakuan mengganggu yang ditemui di dalam kelas. Oleh
karena itu, kelakuan mengganggu di dalam kelas harus diatur oleh guru agar
membuat proses belajar mengajar berjalan dengan efektif dan mencapai tujuan
pembelajaran.
Kata Kunci : Manajemen Kelas, Perilaku Mengganggu, Strategi Guru, Mengatasi
Siswa
Bibliografi : lembar 63-64
SS00011316 | SK 11316 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain