Text
Strategi pembelajaran komunikasi untuk peserta didik dengan autisme kelas IV Di SLBN 7 Jakarta Timur : studi deskriptif di kelas IV sekolah luar biasa Negeri 7 Jakarta Timur
STRATEGI PEMBELAJARAN KOMUNIKASI UNTUK PESERTA
DIDIK AUTISME KELAS IV SDLB DI SLBN 7 JAKARTA TIMUR
Tri Febrianti Manurung
ABSTRAK
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai
strategi pembelajaran komunikasi kelas IV SDLB di SLBN 7 Jakarta Timur.
Subjek penelitian ini terdiri dari satu subjek yaitu kelas IV SDLB. Metode yang
digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan model Miles dan
Huberman. Strategi pembelajaran komunikasi dilakukan dari perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan
pembelajaran komunikasi secara tersirat masuk ke dalam mata pelajaran
reguler. Tidak ada materi pembelajaran khusus untuk pembelajaran
komunikasi, dan tidak ada strategi pembelajaran komunikasi khusus yang
diberikan kepada peserta didik autisme. Oleh karena itu, guru sebaiknya
merancang strategi pembelajaran khusus kepada peserta didik autisme untuk
meningkatkan kemampuan komunikasi secara maksimal.
Kata kunci : Strategi pembelajaran komunikasi, peserta didik autism
Bibliografi : lembar 78-80
SS00011410 | SK 11410 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain