Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap pemahaman matematis siswa kelas V SD kelurahan Ciriung kabupaten Bogor
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS V SD KELURAHAN CIRIUNG KABUPATEN BOGOR (2016) Runiyanti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap pemahaman matematis siswa kelas V SD. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Ciriung 04, Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ciriung 04 sebanyak 77 orang pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest posttest control group desaign. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian pemahaman matematis. Selanjutnya dihitung normalitas data menggunakan Liliefors dan Homogenitas kelas menggunakan Bartlett. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen, kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil penghitungan uji-t diperoleh harga thitung sebesar 4,02. Harga ttabel pada taraf signifikansi α=0,05 dan dk=75 adalah 1,66. Oleh karena harga thitung lebih besar dari pada ttabel (4,02 > 1,66), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman matematis siswa kelas V sekolah dasar.
Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok, pemahaman matematis
Bibliografi : lembar 76-79
SS00011510 | SK 11510 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain