Text
Pemahaman pelatih tentang konsep bermain menyerang pada sekolah sepak bola (SSB) se-Tangerang tahun 2016
RINGKASAN
Moch. Edward Anshorie, Pemahaman Pelatih Tentang Konsep Bermain Menyerang Pada Sekolah Sepak Bola (SSB) Se-Tangerang Tahun 2016. Skripsi : Jakarta : Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Jurusan Olahraga Prestasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, Juni 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman pelatih tentang konsep bermain menyerang pada sekolah sepak bola (SSB) se-Tangerang tahun 2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei dalam bentuk angket kepada pelatih. Dengan populasi para pelatih dan asisten pelatih sekolah sepak bola (SSB) se-Tangerang. Populasi penelitian ini adalah para pelatih dan asisten pelatih SSB di Tangerang yang berjumlah 40 orang/pelatih, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang yang terdiri dari pelatih dan asisten pelatih sepakbola dengan purposive sampling. Adapun teknik statistik dalam penelitian ini menggunakan perhitungan distribusi frekuensi tiap dimensi dan keseluruhan. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala guttman, validitas instrumen menggunakan korelasi poin biserial. Reliabilitas menggunakan rumus Kuder dan Richardson.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 6 orang pelatih yang memiliki pemahaman yang baik mengenai konsep bermain menyerang artinya 30% dari pelatih sekolah sepak bola se-Tangerang masuk kategori baik dalam pemahaman konsep tentang bermain menyerang. Sedangkan 5 orang pelatih yang memiliki pemahaman yang cukup mengenai konsep bermain menyerang atau 25%. 1 orang pelatih yang memiliki pemahaman kurang tentang konsep bermain menyerang dan sisanya yaitu sebesar 40% atau 8 orang pelatih masuk dalam kategori tidak baik berkenaan dengan pemahaman konsep bermain menyerang.
Bibliografi : lembar 49
SS00010421 | SK 10421 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.06.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain