Text
Interferensi sintaksis pada karangan cerpen siswa berbahasa ibu bahasa batak di SMPN.1 Silima Pungga-Pungga Kab. Dairi Sumatera Utara : studi analisis kesalahan berbahasa
ABSTRAK
IDA MARITO SIMANJUNTAK. Interferensi Sintaksis Pada Karangan Cerpen
Siswa Berbahasa Ibu Bahasa Batak Di SMPN.1 Silima Pungga-Pungga Kab. Dairi
Sumatera Utara (Studi Analisis Kesalahan Berbahasa). Jakarta: Universitas Negeri
Jakarta, Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang interferensi sintaksis dalam
karangan cerpen yang ditulis oleh siswa berbahasa ibu bahasa Batak, sehingga terlihat
pengaruh bahasa Batak terhadap bahasa Indonesia yang menyebabkan kesalahan
berbahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan
teknik analisis kesalahan. Analisis dilakukan dengan cara mengumpulkan data,
mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kesalahan, menjelaskan kesalahan,
kemudian memperbaiki kesalahan tersebut. Waktu penelitian dimulai pada Februari
hingga Juli 2016. Berdasarkan hasil penelitian terhadap seluruh data yang mewakili
cerpen hasil karangan siswa berbahasa Ibu bahasa Bak di SMP Negeri 1 Silima
Punggapungga yaitu sebanyak 14 cerpen dengan jumlah kalimat sebanyak 126
kalimat yang direduksi dari keseluruhan cerpen. Dari penelitian yang dilakukan
ditemukan penyebab yang menimbulkan adanya interferensi sintaksis adalah
penggunaan struktur kalimat bahasa Batak ke dalam bahasa Indonesia. Penyusunan
struktur kalimat bahasa Batak umumnya menempatkan unsur predikat di depan
kalimat, dan setiap unsur kalimat selalu disertai oleh partikel. Dari hasil analisis
ditemukan jenis-jenis kalimat yang terinterferensi struktur kalimat bahasa Batak,
yaitu kalimat tunggal yang terdiri atas duabelas struktur, kalimat majemuk setara
yang terdiri atas empat strutkur, kalimat majemuk bertingkat yang terdiri atas dua
strutkur, kalimat majemuk campuran yang terdiri atas dua struktur, kalimat aktif yang
terdiri atas dua strutkur, dan kalimat pasif yang terdiri atas tiga struktur. Penelitian ini
diimplikasikan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia bahasa Indonesia Sekolah
Menengah Pertama (SMP) kelas IX pada peelajaran teks Biografi dengan kompetensi
dasar (4.2) Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi,cerita prosedur, cerita
biografi dengan menggunakan struktur kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar
baik mellui lisan maupun tulisan.
Kata kunci: interferensi, bahasa Batak, struktur kalimat, dan Cerpen
Bibliografi : lembar 96-97
SS00011543 | SK 11543 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain