Text
Meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) : penelitian tindakan kelas tentang bumi dan alam semesta di Sekolah Dasar Negeri Rawa Bunga 1 Pagi Jakarta Timur
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) tentang bumi dan alam semesta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Rawa Bunga 12 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 31 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Adapun penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan data yang diperoleh pada siklus I, hasil belajar IPA yang diperoleh sebesar 64,51% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥ 64 atau hanya 20 orang siswa dan pada siklus II hasil belajar IPA meningkat menjadi 87,09% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥ 64 sebanyak 27 orang siswa. Adapun hasil penggunaan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siklus I mencapai 75% dan pada siklus II mencapai 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Rawa Bunga 12 Pagi Jakarta Timur. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Rawa Bunga 12 Pagi Jakarta Timur.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)
Bibliografi : lembar 155-158
SS00011568 | SK 11568 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain