Text
Meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV melalui model cooperative learning tipe group investigation ( CLGI ) : studi penelitian tindakan kelas tentang energi di SDN Rawabunga 12 Pagi Jakarta Timur
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV
MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP
INVESTIGATION (CLGI)
(Studi Penelitian Tindakan Kelas Tentang Energi di SDN Rawabunga 12
Pagi Jakarta Timur)
(2016)
Diah Agustiani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada
siswa kelas IV. Secara khusus adalah meningkatkan hasil belajar dalam
pembelajaran IPA kelas IV SDN Rawabunga 12 pagi. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan model cooperative learning
tipe group investigation yang diterapkan dalam dua siklus. Setiap siklus
terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa
kelas IV SDN Rawabunga 12 pagi yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan
data dilakukan dengan data pemantau tindakan dan data penelitian. Hasil
penelitian ini menunjukkan hasil belajar IPA yang diperoleh pada siklus I
sebesar 63,7% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥ 64 atau hanya
21 orang siswa dan pada siklus II hasil belajar IPA meningkat menjadi 87,8%
dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥ 64 yaitu sebanyak 29 orang
siswa. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diperoleh kesimpulan
bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe group
investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas IV SDN
Rawabunga 12 pagi Jatinegara Jakarta Timur. Implikasi hasil penelitian ini
adalah bahwa jika model cooperative learning tipe group investigation
diterapkan, maka dapat meningkatkan hasil belajar IPA karena siswa dilatih
untuk belajar secara aktif sehingga pembelajaran ini hendaknya dilaksanakan
oleh guru dan disosialisasikan kepada guru lain.
Kata kunci : Hasil Belajar IPA, Model Cooperative Learning tipe Group
Investigation (CLGI)
SS00011562 | SK 11562 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain