Text
Hubungan antara perceived organizational support (POS) dengan komitmen organisasi guru sekolah negeri kecamatan Cengkareng Jakarta Barat
HUBUNGAN ANTARA PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT
(POS) DENGAN KOMITMEN ORGANISASI GURU SD NEGERI
KECAMATAN CENGKARENG JAKARTA BARAT
MUHAMMAD RAYYAN AHDAFY Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat
hubungan antara Perceived Organizational Support (POS) dengan
Komitmen Organisasi Guru SD Negeri Kecamatan Cengkareng Jakarta
Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 2 variabel
didalamnya yaitu: (X) Perceived Organizational Support (POS) sebagai
variabel bebas dan (Y) Komitmen Organisasi sebagai variabel terikat.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan
studi korelasional dan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini
adalah sebanyak 85 orang guru. Pengambilan sampel secara acak
menggunakan simple random sampling dengan rumus Slovin dan
pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket.
Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh thitung sebesar 3,725
yang berarti lebih besar dari ttabel 1.988. Maka, hipotesis alternatif (Ha)
dinyatakan diterima secara positif. Berdasarkan koefisien determinasi,
Perceived Organizational Support (POS) memberikan kontribusi
sebesar 14,32% terhadap Komitmen Organisasi guru SD Negeri
Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat. Berdasarkan hasil penelitian
diketahui bahwa semakin tinggi perceived organizational support (POS),
maka semakin baik pula komitmen organisasi guru SD Negeri
Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat.
Kata Kunci : Perceived Organizational Support (POS), Komitmen
Organisasi
Bibliografi : lembar 91-92
SS00010345 | SK 10345 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain