Text
Budaya sekolah dan program kewirausahaan di SMK Negeri 27 Jakarta
BUDAYA SEKOLAH DAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 27 JAKARTA
(2016) ARIF SUGIARTO ATMOJO
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 27 Jakarta, yang bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai Budaya Sekolah dan Program Kewirausahaan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2016 hingga Juli 2016. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang HUMAS dan beberapa informan pendukung yaitu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru Prakarya & Kewirausahaan, Penanggung Jawab Student Company, dan Peserta Didik Student Company.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa SMK Negeri 27 Jakarta menerapkan budaya sekolah dengan melakukan pembiasan-pembiasaan dan penanaman nilai-nilai budaya agar para peserta didik memiliki karakter yang kuat semua itu dilakukan untuk tetap mempertahankan kualitas sekolah. Dampak yang ditimbulkan dari implementasi budaya sekolah yaitu sekolah tetap bertahan dalam persaingan global. Program Kewirausahaan yang dilakukan di SMK Negeri 27 yaitu gebyar kewirausahaan, business center dan student company yang bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi, kemampuan, keterampilan dan kreativitas peserta didik dalam mencapai tujuan sekolah yang sesuai dengan visi & misi sekolah. Dengan adanya nilai-nilai budaya yang dibangun sekolah dapat mendukung progam kewirausahaan dan memudahkan dalam mencapai tujuan sekolah agar menjadi sekolah yang mandiri dan berdaya saing tinggi.
Impilkasi dari penelitian ini adalah sekolah diberikan wewenang untuk mengatur dan mengelola sekolahnya secara mandiri. SMK memiliki peranan penting dalam pengembangan diri dan pembentukan karakter peserta didik dalam melakukan kegiatan kewirausahaan. Salah satu kekuatan efektif dalam pengelolaan sekolah adalah menerapkan budaya sekolah dan mengembangkan program kewirausahaan sekolah.
Kata kunci: Budaya Sekolah, Program Kewirausahaaan
.Bibliografi : lembar 121-123
SS00011584 | SK 11584 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain