Text
Pembelejaran bina diri dalam keterampilan merias diri pada anak dengan autisme kelas 5 SDLB Kasih Bunda Jakarta Barat
PEMBELAJARAN BINA DIRI DALAM KETERAMPILAN MERIAS DIRI PADA ANAK DENGAN AUTISM KELAS 5 DI SDLB KASIH BUNDA TAMBORA JAKARTA BARAT
Michelle Kartika SW
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai pembelajaran bina diri peserta didik autism sehingga menjadikan peserta didik hidup mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah hasil observasi dan wawancara guru, kepala sekolah, dan peserta didik serta pemeriksaan dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran bina diri merias diri pada anak autism kelas 5, guru membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran dan silabusnya, hanya tidak sesuai dengan proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah demonstrasi dan praktek. Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan penjelasan dan praktek langsung. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran bina diri merias diri pada anak dengan autism kelas 5 di SDLB Kasih Bunda, guru membuat perencanaan pembelajaran walau tidak sesuai dan juga tidak menggunakan buku ajar, namun tidak berdampak pada kesiapan pelaksanaan pembelajaran siswa autism sehingga tetap dapat merawat diri dengan mandiri.
Kata Kunci : Bina Diri, Merias Diri, Anak Dengan Autism
Bibliografi : lembar 73-74
SS00010378 | SK 10378 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain