Text
Pengembangan media twin's class berbasis direct method dalam pembelajaran bahasa inggris kelas IV SD
PENGEMBANGAN MEDIA TWIN’S CLASS BERBASIS DIRECT METHOD
DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV (2016) Mahdiana Syarifah
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk
berupa media Twin’s Class Berbasis Direct Method berbentuk permainan
yang berisi materi things in classroom dalam pembelajaran bahasa Inggris,
sehingga kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih aktif, menyenangkan,
dan bermakna. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah Borg
and Gall. Media Twin’s Class Berbasis Direct Method telah diuji coba oleh
tiga ahli, yaitu ahli materi, media, dan bahasa. Rata-rata dari uji ahli ini adalah
94.97%. Selain itu, media ini melalui tiga tahapan yaitu, tahap one to one
dengan tiga siswa, small group dengan tujuh siswa, dan field test dengan dua
puluh satu siswa. Rata-rata penilaian siswa terhadap media ini naik dari 84.6%
pada small group menjadi 98% pada tahap field test. Semua penilain
termasuk pada kategori sangat baik, hal ini menunjukan bahwa media Twin’s
Class Berbasis Direct Method sudah tepat sasaran dan layak digunakan
dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas IV Sekolah Dasar. implikasi hasil
penelitian ini adalah menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif,
menyenangkan, dan bermakna bagi peserta didik.
Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran bahasa Inggris tema things
in classroom
Bibliografi : lembar 80-82
SS00010371 | SK 10371 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain