Text
Pengembangan komik pembelajaran bahasa Arab sebagai sumber belajar untuk siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqomah, Tangerang
ABSTRAK
Dzaky Mubarok. Pengembangan Komik Pembelajaran Bahasa Arab sebagai
Sumber belajar untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqomah,
Tangerang. Skripsi. Jakarta: Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas
Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa komik
pembelajaran yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran
bahasa Arab kelas V MI. Pengembangan ini mengikuti prosedur yang
sistematis dari model pengembangan Derek Rowntree. Model pengembangan
ini terdiri dari tiga langkah besar yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan
penulisan, dan penulisan dan penyuntingan.
Evaluasi komik pembelajaran meliputi 3 tahap; tahap expert review, tahap face
to face, dan tahap field test. Tahap expert review komik dievaluasi oleh dua
orang ahli media, dua orang ahli materi, satu orang ahli bahasa, dan satu
orang ahli desain pembelajaran. Tahap face-to-face dilaksanakan dalam dua
gelombang, pada gelombang pertama dievaluasi oleh lima orang siswa dan
pada gelombang kedua dievaluasi oleh tiga kelompok siswa yang berjumlah
lima belas siswa. Terakhir tahap field test diujicobakan kepada empat puluh
satu orang siswa. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan
evaluasi expert review dengan nilai 3,70, rata-rata hasil uji coba face to face
gelombang pertama dengan nilai 3,38 dan gelombang kedua dengan nilai 3,34,
dan hasil uji coba field test dengan nilai awal 6,40 menjadi 8,90. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa komik pembelajaran bahasa arab ‘Seri
belajar Artoon Mubtada dan Khabar’ yang telah dikembangkan dapat
dikategorikan sangat baik.
Kata kunci: Komik, Pembelajaran, Sumber Belajar, Bahasa Arab
Bibliografi : lembar 170-172
SS00011701 | SK 11701 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain