Text
Pengembangan lembar kerja siswa dan set pratikum fisika berbasis keterampilan proses sains pada materi arus bolak balik
ISTIQOMAH ASSABI, 2016. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Fisika
Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Arus Bolak – Balik”. Skripsi.
Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Telah dilakukan pengembangan Lembar Kerja Siswa fisika pada materi arus
bolak – balik dalam pembelajaran fisika SMA. Penelitian dilakukan di
laboratorium pendidikan fisika FMIPA UNJ untuk tahap pengembangan dan di
SMA N 66 Jakarta untuk tahap uji implementasi. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Tahap validasi
meliputi dua ahli materi dan dua ahli media pembelajaran. Pada tahap ini
diperoleh saran guna revisi produk. Adapun responden uji implementasi meliputi
dua guru fisika dan 20 siswa. Hasil validasi menunjukkan persentase capaian
sebesar 78,125% dari ahli materi dan 84,76% dari ahli media pembelajaran.
Setelah direvisi, LKS dinilai oleh pendidik fisika kemudian uji implementasi oleh
peserta didik. LKS dinilai sangat baik oleh pendidik dengan persentase capaian
87,60% dan hasil uji oleh peserta didik juga dinilai sangat baik dengan
persentase capaian 89,06%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS
praktikum yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran
dalam hal ini sebagai panduan praktikum arus bolak – balik.
Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, arus bolak – balik, penelitian pengembangan
Bibliografi : 55
SS00010445 | SK 10445 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain