Text
Meningkatkan kecerdasan naturalis dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran sains teknologi masyarakat pada siswa kelas IV di SDN Malaka Sari 04 Pagi Duren Sawit Jakarta Timur
MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IV
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Malaka Sari 04 Pagi Duren Sawit Jakarta Timur)
(2016)
Nur Faizah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan naturalis siswa melalui penerapan model sains teknologi masyarakat pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IVB SDN Malaka Sari 04 Pagi Duren Sawit Jakarta Timur pada bulan Maret 2016, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen non tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data pada siklus I kecerdasan naturalis siswa sebesar 70,37%. Siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan sebesar 88,89%. Adapun data pemantau tindakan guru pada siklus I adalah 85% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pemantau tindakan siswa pada siklus I adalah 75% dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dengan demikian, tercapai sudah target yang diharapkan. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran melalui model sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan kecerdasan naturalis siswa kelas IVB SDN Malaka Sari 04 Pagi.
Kata kunci: Kecerdasan Naturalis, IPA, Sains Teknologi Masyarakat
Bibliografi : lembar 154-155
SS00011621 | SK 11621 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain