Text
Need analysis of the fourth graders on supplementary speaking materials : a case study in sdit Al-Azhar 12 Cikarang
ABSTRAK
FARAH NOVIA. 2016. Analisis Kebutuhan Terhadap Materi Suplemen Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris (Studi Kasus di SDIT Al-Azhar 12 Cikarang). Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Agustus 2016.
Kurangnya bahan mengajar berbicara bahasa inggris untuk kelas empat sekolah dasar dapat mempengaruhi kesempatan mereka untuk mengembangkan kemampuan berbicara bahasa inggris yang fasih selayaknya penutur asli. Fakta ini mendorong adanya kebutuhan terhadap materi suplemen pembelajaran berbicara bahasa inggris. Hutchison dan Waters (1987) memberi saran diadakannya analisis kebutuhan dalam merancang buku bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa kelas empat sekolah dasar terhadap materi suplemen pembelajaran berbicara bahasa inggris. Untuk melaksanakan penelitian ini, metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus telah digunakan (Cohen et al., 2009). Untuk mengumpulkan data 37 siswa kelas empat sekolah dasar dan seorang guru bahasa inggris dilibatkan untuk mencari tau persepsi mereka terhadap materi suplemen pembelajaran berbicara bahasa inggris dengan menggunakan instrumen kuesioner, wawancara, dan pengamatan di ruang kelas. Bahan ajar yang ada juga dianalisis untuk menemukan tujuan pembelajaran di sekolah dimana penelitian ini dilaksanakan (Bowen, 2009) dan untuk mengevaluasi buku ajar yang digunakan oleh guru dengan menggunakan tabel ceklis buku ajar belajar berbiacara bahasa inggris yang diadaptasi dari Nunan (1988, dalam Tomlinson, 2013). Hasil dari penelitian ini adalah kebutuhan siswa kelas empat sekolah dasar di SDIT Al-Azhar 12 Cikarang dengan mentriangulasikan data (Yin, 2009). Pada kesimpulan, siswa kelas empat sekolah dasar membutuhkan materi suplemen pembelajaran berbicara bahasa inggris yang yang dapat mengembangkan kemampuan berbicara bahasa inggris mereka berdasarkan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan seperti games, lagu, dan cerita dan yang disusun berdasarkan tema seputar kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Analisis kebuutuhan, materi suplemen pembelajaran berbicara bahasa inggris, kemampuan berbicara, siswa kelas empat sekolah dasar, studi kasus.
Bibliografi : lembar 82-86
SS00011461 | SK 11461 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain