Text
Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola sekolah : studi kasus pada SMK Negeri 6 Yogyakarta
ABSTRAC
Organisasi yang unggul dan efektif adalah organisasi yang dapat mencapai tujuan sesuai dengan target atau di atas target organisasi, yang mencerminkan bahwa baik pihak pelanggan internal maupun ksternal merasa puas. Organisasi yang efektif, biasanya didukung oleh kepemimpinan yang baik, pemimpin merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk menentukan tercapainya tujuan organisasi, karena pemimpin merupakan penggerak kegiatan dalam suatu organisasi baik secara individual, maupun kelompok. Salah satu organisasi sekolah yang memiliki pemimpin yang baik adalah SMK Negeri 6 Yogyakarta, beliau memiliki gaya atau jiwa entrepreneur dalam mengelola sekolah, hal ini dibuktikan dengan telah terbentuknya unit produksi sekolah yang terpadu. Sehubungan dengan itu maka yang menarik untuk di teliti di SMKN 6 Yogyakarta adalah kepemimpinan entrepreneur kepala sekolah dalam mengelola unit-unit produksi sekolah sehingga menjadi unggul dan berkembang. Keunggulan tersebut salah satunya ditentukan oleh pemimpin yang mendelegasikan wewenangnya kepada bawahan dan membentuk tim kerja pada setiap unit produksi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengelola unit produksi di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini mengacu kepada konsep Gary Yukl yang menjelaskan tentang kepemimpinan, yaitu “most definitions of leadership reflect the assumption that it involves a procees whereby international influence is exerted over other people to guide, strukture, and facilitate activities and relationship in a group organization.’’Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah pihak pengelola unit produksi sekolah, pihak yang dikelola (guru dan karyawan unit produksi), dan pihak luar yang terkait (komite sekolah, iv pengawas dan pejabat dinas pendidikan). Adapun prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi partisipan, dan analisis dokumen yang terkait dengan pengelolaan unit produksi sekolah. Keabsahan data diperoleh dengan melakukan perpanjangan waktu penelitian dan melakukan triangulasi terhadap teknik pengumpulan data dan sumber data di lapangan. Hasil pembahasan temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) Kepala Sekolah berjiwa entrepreneur dalam mengelola unit produksi, yaitu visioner, inovatif, kreatif, memanfaatkan peluang, dan berani dalam mengambil keputusan; (2) Kepala Sekolah mendelegasikan wewenang kepada KUP Pusat dan manager Edotel melalui pemilihan yang ditentukan oleh kepala sekolah, serta menyerahkan sepenuhnya pengelolaan unit produksi kepada kaprodi melalui KUP Pusat, kecuali edotel kepala sekolah langsung sebagai General Manager; (3) Dalam mengelola unit produksi, kepala sekolah membentuk kerjasama tim dengan cara melakukan koordinasi dan komunikasi kepada KUP Pusat dengan menyerahkan sepenuhnya kepada Kaprodi untuk bekerjasama, agar terciptanya unit produksi yang terpadu. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada: (1) Kepala Sekolah perlu melakukan pembinaan lebih intensif dan mengadakan kerjasama kemitraan yang terkait dengan unit produksi SMK Negeri 6 Yogyakarta. (2) Pengelola unit produksi perlu mengoptimalkan produktivitas dan mengembangkan program-program kemitraan yang terkait dengan unit produksi SMK Negeri 6 Yogyakarta.
Bibliografi : lembar 116-119
TM00004903 | TM 4903 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain