Text
Evaluasi program penataan dan pemerataan guru SMK teknik otomotif di Kabupaten Cianjur : implementasi model evaluasi kesenjangan / discrepancy evaluation model
Abstrak: Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi pelaksanaan Penataan dan
Pemerataan Guru SMK Teknik Otomotif di Kabupaten Cianjur dengan menggunakan
Discrepancy Evaluation Model (DEM) dari Malcolm Provus. Dengan menggunakan
pendekatan ini dapat diketahui apakah program sudah berjalan sesuai dengan standar yang
ditetapkan dan sejauh mana tingkat kesenjangan yang terjadi agar kedepan dapat dilakukan
peningkatan kualitas program. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
merupakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menggambarkan setiap tahapan
implementasi program melalui pengamatan, wawancara atau penelaahan dokumen tentang
sebuah program, yang selanjutnya dievaluasi dengan menggunakan Model Evaluasi
Kesenjangan /Discrepancy Evaluation Model (DEM) dari Malcolm M. Provus. Model ini
digunakan dengan alasan bahwa peneliti (evaluator) berasal dari luar instansi/independen
(diluar Badan Kepegawaian Daerah dan Dinas Pendidikan), dan juga hendak mengetahui
lebih dalam tingkat kesesuaian/kesenjangan antara pelaksanaan penataan dan pemerataan
guru SMK Teknik Otomotif di Kabupaten Cianjur dengan standar/kriteria yang telah
ditetapkan yang meliputi aspek input, process dan output dari program tersebut beserta
dengan tahapan-tahapan pelaksanaan programnya. Instrumen yang digunakan berupa
pedoman observasi, pedoman wawancara dan angket. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa
secara keseluruhan pelaksanaan Program Penataan dan Pemerataan Guru SMK Teknik
Otomotif di Kabupaten Cianjur telah terlaksana dengan baik secara prosedural dan sesuai
dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan Pemerintah. Kesenjangan muncul pada tahap
hasil program yang disebabkan oleh jumlah guru produktif otomotif di Kabupaten Cianjur
yang memenuhi kualifikasi masih sangat terbatas.
Kata Kunci: Redistribusi Guru, DEM, Guru Produktif
Bibliografi : lembar 122-124
TM00002089 | TM 2089 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain