Text
Pengaruh intensitas pelatihan guru pendamping terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun : Ex post facto di kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan
ABSTRAK
UMMU AFIFAH. Pengaruh Intensitas Pelatihan Guru Pendamping Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. (Ex Post Facto di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan). Skripsi Jakarta: PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh intensitas pelatihan guru pendamping terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun. Sampel diambil menggunakan random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 18 orang guru pendamping dan masing-masing anak pada kelompok guru pendamping dengan intensitas pelatihan tinggi, sedang, dan rendah sebanyak 30 orang anak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan observasi sistematis. Pengujian hipotesis menggunakan ANOVA bahwa terdapat perbedaan kemandirian anak pada ketiga kelompok intensitas pelatihan guru pendamping yang tinggi, sedang, dan rendah. Dilanjutkan dengan Uji-t menunjukkan bahwa semua Ho ditolak, maka Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh intensitas pelatihan guru pendamping yang tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun. Dari ketiga uji hipotesis tersebut membawa Implikasi bahwa pelatihan merupakan salah satu cara yang efektif untuk dapat memenuhi kompetensi guru pendamping sehingga dapat menstimulasi kemandirian anak dengan cara yang baik dan benar. Semakin intens guru pendamping mengikuti pelatihan maka akan semakin terpenuhinya standar kompetensi sebagai guru pendamping yang juga berpengaruh terhadap kemandirian anak.
Kata Kunci : Intensitas, Pelatihan, Guru Pendamping, Kemandirian
Bibliografi : lembar 135-137
SS00011475 | SK 11475 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain