Text
Evaluasi kinerja guru dalam peningkatan kualitas mengajar di SDN Utan Kayu Selatan 25 Pagi
EVALUASI KINERJA GURU DALAM PENINGKATAN KUALITAS MENGAJAR DI SDN UTAN KAYU SELATAN 25 PAGI JAKARTA TIMUR
LELY ESTER F
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul evaluasi kinerja guru dalam peningkatan kualitas mengajar di SDN Utan Kayu Selatan 25 Pagi Jakarta Timur bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi, pemanfaatan hasil evaluasi kinerja guru. Penelitian dilakukan pada bulan April 2016 hingga Juni 2016 menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tahapan kredibilitas data, transferabilitas, dependabilitas dan konformabilitas.
Hasil pembahasan penelitian evaluasi kinerja dalam mendiagnosis kinerja guru dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas yang menjadi objeknya adalah guru. Setiap satu semester sekali. Evaluasi kinerja diawali dengan perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi, dan pemanfaatan hasil evaluasi. Tujuan evaluasi kinerja yaitu untuk meningkatkan kualitas kinerja/cara kerja guru dan mengetahui kekurangan atau kelemahan dengan melakukan perbaikan sehingga dapat menghasilkan hasil yang diinginkan secara umum meningkatkan mutu pendidikan dan dilakukan agar terjadi perubahan kearah yang lebih baik. evaluasi kepala sekolah menentukan model dan jenis evaluasi yaitu model cheklist atau pemberian score. kepala sekolah menyiapkan Instrumen-instrumen yang digunakan, mengacu kepada ketentuan dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta didalamnya terdapat aspek dan indikator. Evaluasi kinerja guru sangat penting untuk dilakukan karena guru adalah individu yang akan membawa peserta didik dalam mencapai tujuan dan cita-citanya.
Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini sebaiknya mempertahankan kualitas dan kuantitas dalam melaksanakan evaluasi kinerja, baik dalam pemberian penilaian maupun mengamati kegiatan belajar mengajar dan lebih efektif dijalankan agar tidak hanya sebagai formalitas atau rutinitas.
Kata kunci : evaluasi kinerja guru, kualitas mengajar
Bibliografi : lembar 96-98
SS00011647 | SK 11647 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain