Text
Pengembangan bahan ajar IPS berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas IV SD
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS IV SD
(2016)
CITRA DWI LESTARI
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar IPS berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas IV sekolah dasar berjudul Mengenal Kegiatan Ekonomi. Bahan ajar berisikan materi mengenai kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R & D) dengan mengacu pada Model Pengembangan Instruksional dari Atwi Suparman. Penelitian ini melibatkan siswa kelas empat SDN Binong V Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan wawancara oleh responden dengan tahapan uji coba ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, dan uji lapangan. Hasil penelitian pada uji coba ahli memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 93,16%. Selanjutnya, evaluasi satu-satu memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 96,3%. Evaluasi kelompok kecil memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 97,06% dan uji lapangan memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 96,64%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Pendekatan Kontekstual menunjukkan hasil dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Kontekstual, IPS
Bibliografi : lembar 159-161
SS00011644 | SK 11644 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain