Text
Pengaruh metode estafet writing (menulis berantai) dengan menggunakan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jakarta tahun Ajaran 2015-2016
ABSTRAK
NOVA NOVIANTI. 2016 Pengaruh Metode Estafet Writing (Menulis Berantai)
dengan Menggunakan Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis
Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Skripsi. Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas
Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode estafet writing (menulis
berantai) dengan menggunakan media gambar berseri terhadap kemampuan
menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jakarta. Penelitian ini
dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016. Semester kedua pada bulan Mei
dikelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan rancangan prates dan pascates ( pratest and pascates design)
dua kelompok. Uji fisher digunakan sebagai uji homogenitas. Dari hasil
perhitungan diperoleh Fhitung = 1,114 berdasarkan distribusi dengan dk= 21 dan
taraf signifikasi 0,05 diperoleh Ftabel = 1,721, dari hasil tersebut diperoleh Fhitung
Ftabel. Dengan demikian, populasi memiliki varians yang homogen. Berdasarkan
perhitungan Uji-t, diperoleh thitung sebesar 2,585 pada dk= 42 dalam taraf
signifikasi ( sebesar 0,05 sedangkan ttabel diperoleh melalui interpolasi sebesar
1,682, maka 2,585 > 1,682 sehingga hipotesis diterima. Rata-rata kemampuan
menulis teks cerpen siswa kelas eksperimen adalah 70 lebih tinggi dari
kemampuan menulis teks cerpen siswa kontrol yang hanya mencapai rata-rata 57.
Oleh karena itu, terdapat pengaruh metode estafet writing dengan menggunakan
media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks cerpen terhadap siswa
kelas VII SMP Negeri 2 Jakarta. Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa
Indonesia, guru dapat menggunakan metode estafet writing dalam menulis teks
prosedur yang koheren sesuai dengan karakteristik metode dan media yang akan
dipakai. Metode tersebut membantu siswa secara kooperatif daya imajinasi dan
kreativitas dalam menulis teks prosedur sehingga dalam mencipta yang sesuai
dengan tahapan yang seharusnya. Saran yang dapat diberikan adalah guru dapat
menggunakan metode estafet writing yang akan membuat pengembangan ide
menjadi lebih mudah kreatif dan variatif.
Kata kunci : metode estafet writing, media gambar berseri, menulis teks cerpen
Bibliografi : lembar 223-224
SS00011635 | SK 11635 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain