Text
Peningkatan kemahiran membaca dan menulis menggunakan metode circ pada kelas XI di SMAIT Alia Tangerang
ABSTRAK
NURUL ROPIQOH, Peningkatan Kemahiran Membaca Dan Menulis
Dengan Menggunakan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and
Composition) Pada Siswa Kelas XI Di SMAIT ALIA Tangerang . Skripsi,
Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas
Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAIT ALIA Tangerang pada bulan Januari –
Maret 2016 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan kemahiran
membaca dan menulis dalam Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI
SMAIT ALIA Tangerang. Pengukuran hasil pemahaman materi yang diberikan
dilaksanakan di akhir siklus dengan memberikan pertanyaan – pertanyaan yang
sesuai dengan materi pelajaran.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua
siklus dan disetiap siklusnya terdiri dari empat pertemuan.
Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah: siklus I nilai rata-rata peningkatan
penguasaan membaca dan menulis Bahasa Arab pada siswa kelas XI SMAIT
ALIA Tangerang adalah 72,70. Pada siklus II nilai rata-rata peningkatan
penguasaan membaca dan menulis Bahasa Arab pada siswa kelas XI SMAIT
ALIA Tangerang adalah 92.29.
Implikasi hasil penelitian menggunakan metode CIRC yang diterapkan dalam
meningkatkan kemahiran membaca dan menulis bahasa Arab pada siklus I
mencapai rata-rata nilai 72,70. Nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan
namun masih banyak siswa yang belum mencapai nilai standard karena penerapan
metode yang belum maksimal dan belum terbiasa menggunakan metode ini. Dan
pada siklus II peneliti melaksanakan proeses pembelajaran membaca dan menulis
Bahasa Arab dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I yang
membedakan adalah peneliti memberikan teknik pengajaran secara lebih
bervariasi, sehingga siswa tidak merasakan kebosanan. Metode CIRC ini
menjadikan siswa mampu meningkatkan kemahiran membaca dan menulis
Bahasa Arab. Maka rata-rata hasil ujian siklus II mencapai 92,29, atau dengan
indikator pencapaian yang berhasil diraih, 22 siswa mencapai hasil ujian dengan
KKM 75 sehingga 87,5% dari jumlah siswa yang mencapai hasil yang
diharapkan. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan kemahiran
membaca dan menulis Bahasa Arab pada siswa SMAIT ALIA Tangerang.
Berdasarkan hasil penelitiaan diketahui bahwa metode CIRC dapat meningkatkan
penguasaan membaca dan menulis Bahasa Arab siswa SMAIT ALIA Tangerang.
Dengan demikian metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu
metode dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa lebih senang dan lebih mudah
dalam pembelajaran Bahasa Arab.
Bibliografi : lembar 102-104
SS00011898 | SK 11898 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain