Text
Penerapan metode cooperative learning model paired storytelling dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa di MTSN 12 Jakarta
Bibliografi : lembar 58-59
ABSTRAK
SAKUNTALA ALFIYAH. Penerapan Metode Cooperative Learning Model
Paired Storytelling Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa
Kelas VIII di MTsN 2 Jakarta. Jurusan Pendidikan Bahasa arab, Fakultas Pendidikan
Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan metode Paired Storytelling dalan pembelajaran Bahasa
Arab, untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab Kelas VIII di MTsN
12 Jakarta serta untuk mengetahui tanggapan siswa terkait pembelajaran Bahasa Arab
setelah menggunakan metode Paired Storytelling.
Penelitian ini bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan
interview, observasi dan dokumentasi, penelitian ini terdiri dari dua siklus terhadap
43 siswa. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), action
(tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi).
Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, pelaksaan penelitian tindakan
kelas ini di lakukan dengan dua siklus. Penerapan metode Paired Storytelling diberi
tugas kelompok untuk bercerita kembali dan melakukan percakapan khiwar dengan
menggunakan bahasa Arab dengan versi bahasa mereka sendiri. Akhir dari kegiatan
ini adalah evaluasi atau penilaian dari setiap hasil kerja kelompok. Kedua, adanya
peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab dari pre-test, siklus I dan siklus II.
Pada pre-test nilai rata-rata siswa adalah 56,86. Pada siklus pertama nilai rata-rata
siswa meningkat menjadi 66,86 dan siklus II menjadi 75,67. Berarti hasil uji nilai
post-test tersebut siklus I dan siklus II menunjukan bahwa terdapat peningkatan pada
keterampilan berbicara bahasa Arab siswa di MTsN 12 Jakarta.
Bibliografi : lembar 58-59
SS00011930 | SK 11930 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain