Text
Kesalahan penggunaan adverbial accusative of specification ( Al-Tamyiz ) dalam keterampilan menulis terbimbing pada mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta
Bibliografi : lembar 77-79
ABSTRAK
Latifah Anggraeni. Kesalahan Penggunaan Adverbial Accusative of
Specification (Al-Tamyiz) dalam Keterampilan Menulis Terbimbing Pada
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri
Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas
Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Juli 2016.
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data empiris mengenai jenis dan
bentuk kesalahan dalam penggunaan adverbial accusative of specification (altamyiz)
dan frekeuensi kesalahan serta penyebab terjadinya kesalahan tersebut.
Penelitian ini mulai dilaksanakan pada bulan Februari 2016 sampai bulan
Juni 2016. Data berupa tes karangan terbimbing dengan jumlah 25 butir soal dan
sampel 30 orang mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis terhadap kesalahan tersebut dari 930 jawaban
terdapat 475 kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa yang terdiri dari: 1)
Kesalahan pada penggunaan al-tamyiz malfuzh sebanyak 280 (59%), 2) Kesalahan
pada penggunaan al-tamyiz malhuzh sebanyak 195 (41%).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa secara umum belum
memahami setiap konsep-konsep kaidah bahasa target dengan baik dan belum
menguasai penggunaan adverbial accusative of specification (al-tamyiz). Hal itu
dapat dilihat dari presentase kesalahan mahasiswa dengan hasil rata-rata.
Kesalahan kompetensi yang terjadi dalam penggunaan al-tamyiz sebanyak 28
jawaban (90%) dari 31 jawaban, sedangkan kesalahan penggunaan dalam
penggunaan al-tamyiz sebanyak 3 jawaban (10%) dari 31 jawaban. Adapun faktor
penyebab kesalahan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Kurangnya pemahaman dalam penggunaan bahasa target
2. Overgeneralisasi dalam penggunaan tamyiz al-‘adad
3. Kurangnya penguasaan kaidah kebahasaan dan batasan-batasannya
khususnya pada materi al-tamyiz
4. Kurangnya pengaplikasian dalam kaidah kebahasaan khususnya pada
materi al-tamyiz
5. Kurangnya ketelitian dalam menjawab soal
6. Kurangnya penguasaaan kosa kata yang menyebabkan tidak memahami
maksud dari soal tersebut.
Bibliografi : lembar 67-69
SS00011921 | SK 11921 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain