Text
Peningkatan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana dengan model pembelajaran make a match pada kelas 5 di MI Hidayatussa'adah Citayam Bogor Jawa Barat
ABSTRAK
Siti Fatimah Noviyanti Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menyusun
Kalimat Sederhana dengan Metode Make a Match Pada Kelas 5 DI MI
Hidayatussaádah Citayam Bogor Jawa Barat. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Mei 2016.
Penelitian ini di laksanakan di MI Hidayatussaádah Citayam Bogor Jawa
Barat bulan Maret - Mei dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam menyusun kalimat sederhana . Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah siswa kelas 5A MI
Hidayatussaádah Citayam Bogor Jawa Barat. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah lembar observasi peneliti dan siswa, dan hasil tes belajar siswa.
Metode Make A Match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
menyusun kalimat sederhana dalam bahasa Arab pada siswa kelas 5 di MI
Hidayatussaádah Citayam Bogor Jawa. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus
adalah sebagai berikut: siklus I persentase yang diperoleh dari hasil tes 60,7 % di
MI Hidayatussaádah Citayam Bogor Jawa yaitu sebanyak 17 siswa mencapai nilai
KKM 70 dan memperoleh nilai rata-rata 68,9 dari jumlah siswa. Pada siklus II
terdapat peningkatan nilai rata-rata menyusun kalimat sederhana di MI
Hidayatussaádah Citayam Bogor Jawa dengan persentase 92,8 % sebanyak 26
siswa yang mencapai nilai KKM 70 dan memperoleh nilai rata-rata 80,5 dari jumlah
siswa.
Bibliografi : lembar 74-75
SS00011945 | SK 11945 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain