Text
Pengaruh penggunaan media pembelajaran word square terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswi kelas 7 YAPINK Tambung Bekasi
ABSTRAK
NABILAH FILDZAH :Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran
"Word Square"Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswi Kelas 7 MTs
YAPINK Tambun Bekasi.Skripsi, Jakarta: Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Juni 2016
Penelitian ini dilaksanakan di MTsYAPINK Tambun Bekasi, pada tahun
ajaran 2015-2016, yang dimulai dari bulan April 2016 sampai dengan bulan Mei
2016 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ”Penggunaan Media
Pembelajaran “Word Square” terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab siswi
kelas 7 MTs YAPINK Tambun Bekasi”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen.
Populasinya adalah seluruh siswi MTs YAPINK Tambun Bekasi dan Sampelnya
adalah Siswi kelas VII sebanyak 70 siswi terdiri dari 35 orang untuk kelas
eksperimen dan 35 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah
tes akhir yang berbentuk tes tulis dengan teknik analisis data yang digunakan
adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0.05. Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan uji
Normalitas dan uji Homogenitas.
Penelitian ini menunjukan bahwa siswi yang diajarkan dengan
menggunakan media pembelajaran WordSquare lebih meningkat penguasaan
kosakata Bahasa Arabnya dibandingkan dengan siswi yang diajarkan tanpa
menggunakan media pembelajaran WordSquare. Siswi juga lebih menyukai
apabila belajar dengan menggunakan media pembelajaran WordSquare, karena
media ini dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab mereka. Guru
disarankan menggunakan dan membuat media pembelajaran yang sesuai dalam
kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran kosakata bahasa Arab.Dan
dalam penggunaan media Word Squareterdapat kelebihan dan kekurangan,
diantara kelebihan metode tersebut adalah memotivasi siswi untuk memahami
materi pembelajaran, melatih mereka untuk berlatih dengan berfikir cerdas dan
memperbaharui cara berfikir efektif. Dan kelemahan dari media tersebut adalah
tidak adanya kreatifitas siswi-siswi dengan disediakannya materi, serta tidak
berkembangnya kemampuan siswi terhadap materi pembelajaran sesuai
kemampuan mereka. Bibliografi lembar 73-75
SS00011933 | SK 11933 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain